Selasa, 24 April 2012

Perbedaan Curah Hujan Dataran Tinggi Dan Dataran Rendah


Pada dataran tinggi curah hujan yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan dengan dataran rendah dengan alasan sebagai berikut:

1. Faktor garis lintang,  garis lintang adalah salah satu yang mempengaruhi banyak sedikitnya curah hujan.  Semakin rendah garis lintang semakin tinggi curah hujan yang dihasilkan, karena pada garis lintang rendah suhu akan jauh lebih tinggi dibandingkan geris lintang lebih tinggi, hal itulah yang menyebabkan penguapan yang tinggi pada garis lintang rendah dan penguapan yang tinggi mengakibatkan curah hujan yang tinggi.
Atau  semakin tinggi garis lintang maka akan menyebabkan suhu yang rendah dan semakin rendah garis lintangnya akan menyebabkan suhu yang lebih tinggi. Suhu yang lebih tinggi  banyak dari pada dataran tinggi. Suhu yang lebih tinggilah yang menjadi pembeda antara daerah tinggi terhadap potensi curah hujan yang diturunkan.

2. Ketinggian tempat,  semakin tinggi suatu tempat maka kuantitas hujan pun akan semakin rendah dengan alasan bahwa suhu yang rendah akan mengurangi penuapan di tempat tersebut.
3. Jarak dari sumber penguapan, dekat dengan  sumber penguapan maksunya lebih dekat dengan laut. Karena laut adalah sumber paling utama pada penguapan yang menjadi sumber hujan. Pada daerah  tinggi sumber penguapan lebih jauh dari pada daerah dataran rendah sementara angin yang membawa uap air akan menjatuhkan volumenya sesegara mungkin,  maka dari itu tempat rendah jauh akan lebih banyak terkena hujan.
4. Perbedaan suhu daratan dan  lautan, perbedaan suhu pada daratan dengan lautan termasuk yana mempengaruhi kuantitas atau banyaknya curah hujan yang diturunkan.  Ini karena perbedaan suhu antar elemen itu akan memperkaya hasil penguapan yang akan dihasilkan.
5.  Luas daerah, semakin luas daerah akan semakin tinggi curah hujan yang diturunkan.  Pada dataran tinggi daerah relatif kecil apabila dibandingkan dengan dataran rendah. Maka tidak mengherankan jika pada daerah dataran rendah curah hujan akan lebih tinggi.