Minggu, 13 Mei 2012

Berdagang


Berdagang adalah salah satu pekerjaan yang paling banyak dan umum dilakukan. Berdagang telah ada sejak manusia mengenal alat tukar (barter) dan kebutuhan yang berbeda/bervariasi juga karena kebutuhan mendesak.  Maka tak heran jika banyak orang sukses karena sebuah perdagangan. Bahkan seorang pedagang besar atau biasa disebut bisnis man akan lebih kaya dari pada seorang presiden sekalipun.




Dalam perdagangan, seseorang akan berpikir untuk bagaimana cara mendapatkan untung yang sebesar mungkin dan meminimal mungkin faktor kerugian. Sehingga, dalam bisnis kecil atau besar tersebut seorang pedagang akan mampu bertahan dan berkembang lebih maju. Hal itu sah-sah saja asalkan seorang pedagang mampu memiliki tanggung jawab sosial, maksudnya ia mampu menjamin mutu/kualitas produk atau jasa yang ia jual.

Maka dari uraian sedikit diatas seorang pedagang haruslah berpikir secara realistis dan berhati-hati agar ia dapat menjaga investasinya. Juga harus memiliki mental untuk terus berkembang dan bertahan dalam bisnis yang ia geluti, tanpa mengindahkan kepentingan orang lain berupa tanggung jawab sosial.